Kamis, 27 Maret 2014

Inilah Program-program Dompet Dhuafa Banten di Bidang Pendidikan dan Dakwah

Diposting pada label: ,

Kantor Dompet Dhuafa Banten di Kepandean, Serang.

SERANG, DDBanten — Dompet Dhuafa merupakan lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia. Salah satu cabang Dompet Dhuafa yaitu Dompet Dhuafa Banten, yang gencar meluncurkan program-program tepat guna dan tepat sasaran dengan mengedepankan karakter kebantenan, yaitu program-program yang dibuat berusaha memberdayakan potensi lokal sehingga manfaat keberadaan program tersebut langsung dirasakan oleh masyarakat Banten sendiri.

Berikut adalah beberapa program Dompet Dhuafa Banten di bidang pendidikan dan dakwah:

a.   Beastudi Pelajar, yaitu program pemberian beasiswa kepada siswa SD, SMP, SMA, dan PT yang kurang mampu selama satu tahun. Khusus untuk tingkat PT diberikan fasilitas asrama dan pembinaan.
b.  Institut Kemandirian (IK), program pelatihan keterampilan kerja bagi para pengangguran usia produktif. Bentuk pelatihan yang diberikan antara lain servis HP, Tata Boga, Mengemudi, dan IT. Peserta diberikan pelatihan dalam bentuk materi dan praktek kemudian diberikan pendampingan usai pelatihan sampai mereka bekerja maupun membuka usaha sendiri. Gedung IK berlokasi di Ruko Istana Cilegon Blok C8 Cilegon.
c.    Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa), merupakan program komunitas dai yang dibentuk Dompet Dhuafa untuk mendakwahkan zakat kepada masyarakat melalui pengajian di masjid, perkantoran, maupun dalam bentuk dakwah bil hal dengan dukungan dana dari Dompet Dhuafa.
d.   Motor Pintar & Taman Baca, yaitu program taman baca keliling dalam bentuk motor roda tiga yang dikendarai oleh seorang ustadz. Motor Pintar berkunjung ke sekolah, yayasan, maupun perkampungan untuk memfasilitasi anak-anak dalam membaca. Selain itu, sang ustadz juga memberikan dongeng islami untuk menanamkan akhlak dan karakter positif sedari dini.
e.      Lapak Inspiratif, program pemberdayaan dan pembinaan pemulung usia anak-anak (SD-SMP). Mereka dibuatkan saung sederhana sebagai tempat belajar, pendamping relawan mengajarkan mereka ilmu umum dan agama sambil bermain dengan ceria. Lapak Inspiratif berapa di jalan Pipa Gas, Pasar Rau, Serang, Banten.

Itulah beberapa "anak program" dari program Pendidikan dan Dakwah dari Dompet Dhuafa Banten. DD Banten juga memiliki sejumlah program di bidang sosial, kesehatan, lingkungan, peternakan, dan ekonomi. 

Mari salurkan donasi Anda melalui Dompet Dhuafa Banten: Rekening BCA 245.4000.551 a/n. Dompet Dhuafa Republika. [DD-Chogah]


0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terbaru