Senin, 14 April 2014

Mari Berpartisipasi dalam Upaya Penghijauan Lingkungan dan Peningkatan Ekonomi Petani Kecil

Diposting pada label:


SAAT ini isu lingkungan hidup masih menjadi isu marjinal dan luput dari perhatian, padahal lingkungan merupakan sumber daya yang dikonsumsi secara eksponensial. Data menunjukkan, pada tahun 2012, lahan kritis di Banten mencapai 117 ribu hektar. Ini terjadi karena hampir mencapai 2 juta pohon per tahun ditebang secara liar oleh masyarakat.

Dalam upaya penyelamatan lingkungan serta pemberdayaan ekonomi petani kecil, Dompet Dhuafa (DD) Banten mencanangkan program Taman Buah Produktif (TBP) di beberapa wilayah di Banten sebagai salah satu upaya pencapaian visi mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan. DD Banten berupaya merangkul masyarakat Banten dengan pendekatan kultural atau pendekatan dengan karakter kebantenan.

Dalam pengerjaannya, penggarapan taman buah ini akan diserahkan kepada beberapa masyarakat kurang mampu di daerah sekitar TBP dengan didampingi oleh DD Banten. Pemilihan tanaman buah yang akan ditanam disesuaikan dengan iklim dan potensi daerah yang akan dipilih DD, dengan demikian peluang kegagalan dapat diminimalkan. Selain menghasilkan buah yang dapat dijual, keberadaan TBP ini pun akan menggerakkan roda ekonomi petani kecil di daerah sekitarnya, mengingat konsep TBP yang dicanangkan DD Banten tidak hanya berupa perkebunan buah dengan target panen semata, akan tetapi kita sengaja membuat konsep taman yang nantinya dapat menjadi arena wisata baru bagi masyarakat.

TBP adalah program penghijauan berbasis pemberdayaan masyarakat dengan konsep taman asri nan indah, sehingga selain mendatangkan keuntungan ekonomi dari hasil panen, taman buah ini pun memiliki fungsi lebih sebagai tempat wisata buah.

DD Banten mengajak masyarakat untuk turut mendukung program ini dengan menyalurkan sedekahnya melalui DD Banten di rekening BCA 245.4000.551 a/n. Dompet Dhuafa Republika. Dengan ikut bersedekah, masyakarat telah turut andil dalam upaya memberdayakan petani kecil, menghijaukan lingkungan, dan menggerakkan perekonomian rakyat. [*]

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terbaru