Senin, 14 April 2014

Hardiknas Momentum untuk Memperbaiki Kualitas Pendidikan Indonesia

Diposting pada label:



GURU adalah garda terdepan pendidikan yang juga memiliki peran strategis dalam menentukan nasib bangsa ke depan. Dari guru-guru terbaik akan terlahir generasi unggul berkualitas yang mampu meretas jalan kemajuan bagi bangsa Indonesia. Sehingga pengembangan profesional untuk kaum guru secara terprogram dan berkelanjutan mutlak diperlukan dalam upaya perbaikan kualitas pendidikan dan pemuliaan kualitas generasi.

Tuntutan sistem pendidikan nasional yang berlaku saat ini menempatkan guru sebagai salah satu elemen penentu dalam kebijakan pengajaran, khususnya di level sekolah atau tingkat satuan pendidikan. Kurikulum yang selalu berubah memaksa para guru untuk lebih lagi dalam memahami pembelajaran juga para peserta didik, belum lagi permasalahan dalam pembelajaran yang selalu datang silih berganti menuntut para guru untuk memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah yang ada di dalam kelas, masih dirasakan sangat sulit bagi para guru, terutama bagi guru-guru di sekolah pelosok untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam kelas. Padahal kualitas sebuah sekolah justru berawal dari titik ini.

Lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam rangka mewujudkan pembelajaran ideal bagi peserta didik, meliputi pembelajaran akademis dan karakter. Untuk menunjang hal tersebut bukan hanya dibutuhkan fasilitas hebat, yang lebih penting dari itu, dibutuhkan guru-guru hebat.

Menurut buku Gurunya Manusia karangan Munif Chatib (2012) saat ini hanya ada sekitar 10% guru yang memenuhi kualifikasi kompetensi sebagai guru hebat melingkupi kompetensi pedagogi, akademi, kepribadian dan sosial. Maka jika di sebuah sekolah ada 10 orang guru, hanya ada 1 guru saja yang memenuhi kualifikasi tersebut. Kondisi ini tentunya sangat mengkhawatirkan, mengingat sekolah sebagai salah satu tulang punggung pendidikan bagi generasi penerus bangsa.

Melihat hal ini Makmal Pendidikan sebagai salah satu jejaring pendidikan Dompet Dhuafa mencoba berkontribusi dalam upaya menuntaskan permasalahan tersebut, salah satunya dengan meluncurkan program pendampingan sekolah pada beberapa sekolah di Indonesia. Program ini melakukan pendampingan bagi sekolah dengan memberikan pelatihan bagi guru maupun sekolah secara keseluruhan disesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan yang muncul di sekolah. Selain dengan memberikan pelatihan, program ini juga melakukan kegiatan lain disesuaikan dengan kondisi sekolah. Dari program ini diterbitkanlah sebuah buku bertema A to Z Pembelajaran di sekolah berdasarkan pengalaman pelaksanaan program tersebut. Buku ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi banyak guru di Indonesia dalam mencari pola penyelesaian masalah yang muncul di sekolah masing-masing. Buku ini akan dibedah dalam kegiatan peringatan hari pendidikan nasional yang dipadukan dengan public training untuk guru Sekolah Dasar di Banten yang juga akan membahas tentang pembelajaran di sekolah. Kegiatan akan dilaksanakan pada 28 Mei 2014 di aula RS Sari Asih Banten. Bagi guru SD yang ingin mendaftarkan diri pada kegiatan ini dapat menghubungi Dompet Dhuafa Banten. [DD-Chogah]

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terbaru