Senin, 17 Februari 2014

Dompet Dhuafa Banten; Taman Buah Produktif untuk Dhuafa

Diposting pada label:

Foto: NET
BANTEN, DOMPET DHUAFA—Sebagai salah satu lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia, Dompet Dhuafa (DD) senantiasa berperan andil dalam usaha mengentaskan permasalahan kemiskinan lewat program-porogram yang dicanangkan. Salah satu rencana program yang dibentuk Dompet Dhuafa Banten adalah pembuatan taman buah produktif di areal Perguruan Tinggi  La Tansa Mashiro, Rangkasbitung, Banten. 

Taman buah produktif yang rencananya akan direalisasikan mulai Februari ini, akan digarap di tanah seluas 2 hektar dengan budidaya tanaman strawberry atau buah naga. 

“Rencananya kita akan tanam strawberry atau buah naga. Program pemberdayaan masyarakat ini masih dalam tahap pematangan konsep, kita berusaha meminimalkan risiko gagal, jadi harus dikaji tanaman buah apa yang cocok dengan iklim di Rangkasbitung,” ujar Mokhlas, Manajer Program Dompet Dhuafa Banten.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten Imam Baihaqi, menuturkan bahwa taman buah ini kelak akan dikelola oleh masyarakat kurang mampu setempat dengan harapan program ini bisa membantu mengangkat perekonomian mereka.

“Untuk pengelolaan kita akan serahkan pada masyarakat. Namun sebelumnya kita akan bimbing mereka dengan pemberian penyuluhan pertanian dan pembekalan teknik bertani yang benar,” papar Imam. Penggagasan program ini memang bertujuan untuk membantu mengurangi angka pengangguran di masyarakat. Imam memandang, ke depannya, keberadaan taman buah akan membentuk komunitas perekonomian baru di sekitar taman buah.

Selain tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat, keberadaan taman buah ini nantinya pun akan menjadi objek wisata baru dan salah satu upaya penghijauan kota. "Bukan hanya sebagai penggerak perekonomian, taman buah yang akan kita buat ini nantinya juga akan menjadi objek wisata baru bagi masyarakat Lebak, bahkan Banten secara umum," ujar Imam menambahkan. [DD-Chogah]

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terbaru