Jumat, 28 Maret 2014

Program-program Ekonomi Dompet Dhuafa Banten Berdayakan Potensi Lokal

Diposting pada label: ,



SERANG, DDBanten — Dompet Dhuafa merupakan lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia. Salah satu cabang Dompet Dhuafa yaitu Dompet Dhuafa Banten, yang gencar meluncurkan program-program tepat guna dan tepat sasaran dengan mengedepankan karakter kebantenan, yaitu program-program yang dibuat berusaha memberdayakan potensi lokal sehingga manfaat keberadaan program tersebut langsung dirasakan oleh masyarakat Banten sendiri.


Berikut adalah beberapa program Dompet Dhuafa Banten di bidang ekonomi:

1. Insan Tangguh, yaitu program pemberdayaan orang-orang yang mempunyaiketerbatasan fisik (disabilitas). Mereka diberikan modal dan pembinaan untuk menjalankan usaha sesuai yang mereka mampu. Program yang sudah berjalan adalah las keliling, produksi kaki palsu, bengkel, dan lapak mainan. Bagi mereka para penyandang tunadaksa (cacat kaki) diberikan kaki palsu agar mereka bisa berjalan normal dalam aktivitas kesehariannya.

2. Pusat Jajanan Syariah (Pujasyar’i). Sebuah pusat jajanan dan makanan bernuansa syariah yang diisi oleh sejumlah pedagang kecil dari kalangan mustahik. Diharapkan program ini dapat membantu pedagang kecil dan meningkatkan brand image Dompet Dhuafa sebagai bukti pendayagunaan dana zakat.

3. Ibu Kreatif, merupakan program pemberdayaan dan pendampingan komunitas ibu-ibu pengangguran membentuk usaha sesuai potensi lokal yang ada mulai dari proses produksi hingga pemasaran, misal emping, sate bandeng, kue, kerajinan, dll. Komunitas usaha tersebut dibentuk koperasi untuk menambah kesejahteraan anggota.

Itulah beberapa program pemberdayaan DD Banten di bidang ekonomi. Mari salurkan donasi Sahabat melalui Dompet Dhuafa Banten di rekening BCA 245.4000.551 a/n. Dompet Dhuafa Republika. [DD-Chogah]

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terbaru