Minggu, 09 Februari 2014

Gerai Sehat LKC Nurul Iman Ajak Masyarakat Cegah Asma

Diposting pada label: ,


Masyarakat mengikuti senam asma di halaman Gerai Sehat LKC Nurul Iman.
SERANG, DDBanten – Sebagai wujud kepedulian kepada kesehatan masyarakat, Gerai Sehat LKC Nurul Iman senantiasa melakukan edukasi mengenai pencegahan serta memberikan pengobatan terhapat beberapa penyakit yang cukup rawan. Setelah memberikan penyuluhan tentang diabetes mellitus beberapa waktu lalu, LKC Nurul Iman kembali mengajak masyakarat waspada penyakit asma.
Asma merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan sesak napas yang dikarnakan terjadinya penyempitan saluran pernafasan karena adanya rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan. Berdasarkan catatan WHO, angka penderita asma di Indonesia berkisar 12,5 juta orang dari 300 juta penderita di seluruh dunia.
Iis Tursiah, Manager Gerai Sehat LKC Nurul Iman mengungkapkan, senam asma merupakan salah satu bentuk pencegahan dan pengobatan asma yang baik.

“Bagaimana juga mencegah jauh lebih baik dari mengobati, lewat edukasi pada masyarakat melalui senam asma, kita berharap masyarakat lebih paham tentang penyakit ini. Sehingga mereka lebih mawas diri dengan melakukan tindakan pencegahan, salah satunya lewat senam asma,” papar Iis.

Iis juga mengajak masyarakat untuk tidak memandang enteng penyakit asma. “Serangan asma yang datang terus selama bertahun-tahun dapat menyebabkan jalan napas rusak secara permanen. Pada titik ini, jelas mengancam jiwa, apalagi tidak ditangani dengan semestinya,” ujar Iis.

Dalam paparannya, Iis menyebutkan, senam asma sangat membantu karena senam ini banyak menggunakan otot kaki. Menurutnya, otot kaki adalah otot terbesar. Jika ini digerakkan maka paru-paru akan mengembang dan lentur lalu sangkar thorax mudah bergerak sehingga kebutuhan oksigen yang bersangkutan terpenuhi.
 
[iwan]

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terbaru