Kamis, 27 Februari 2014

Peresmian Koperasi Ikhtiar Swadaya Mitra Sinar Abadi

Diposting pada label: ,

Peresmian Koperasi Ikhtiar Swadaya Mitra Sinar Abadi, Kasemen, Kota Serang, Kamis (27/2).
SERANG, DDBanten – Kamis (27/2/2014), sekitar 50 anggota Program Pemberdayaan Masyarakat Kerang Hijau, Kasemen, Kota Serang hadir dalam acara peresmian koperasi simpan pinjam sebagai salah satu bukti keberhasilan program Dompet Dhuafa dan Karyawan Muslim Citibank (KMC) ini. Dalam 1 tahun terakhir, anggota Program Pemberdayaan Masyakat Kerang Hijau telah melewati beberapa tahapan yang diberikan tim pendamping Dompet Dhuafa, di antaranya tahap penumbuhan kesadaran, tahap penguatan kelompok, dan tahap pembekalan kemandirian.

Acara peresmian unit usaha berupa koperasi yang diberi nama Ikhtiar Swadaya Mitra (ISM) Sinar Abadi ini dihadiri oleh pejabat dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kota Serang serta perangkat desa setempat. Livson, Pendamping Program Permbedayaan Masyarakat Kerang Hijau mengatakan, dengan kehadiran koperasi ISM Sinar Abadi meningkatkan kesejahteraan 50 anggota yang dibina sejak awal.

“Program Pemberdayaan Masyarakat Kerang Hijau berusaha memberdayakan masyakat dengan potensi lokal yang ada. Di Kampung Rujak Beling Kasemen ini, budidaya kerang hijau adalah satu satu potensi yang dapat dikembangkan apabila dikelola dengan baik dan profesional. Kehadiran koperasi ini adalah salah satu wadah bagi terciptanya pengelolaan yang baik itu,” papar Livson.

Dalam tahap penguatan kelompok, Dompet Dhuafa dan KMC telah memberikan bantuan 4 unit bagan kerang hijau kepada masyarakat dengan potensi 5 kali panen. Livson berharap, anggota koperasi dapat memanfaatkan wadah baru ini sebagai tempat pembelajaran sehingga keterampilan usaha anggota semakin berkembang.

“Dengan semakin terampilnya anggota, secara langsung kapasitas mereka akan semakin baik yang dampaknya tentu pada peningkatan kesejahteraan mereka,” tambahnya.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Imam Baihaqi yang turut hadir saat peresmian menyampaikan bahwa Dompet Dhuafa Banten senantiasa mengedepankan program-program pemberdayaan potensi lokal yang ada di Banten.

“Program-program DD, khususnya di Banten selalu berupaya berorientasi kepada pengembangan potensi lokal yang disesuaikan dengan kultur kebantenan. Seperti di Kasemen, DD dan mitra kerjasama mencoba memberikan fasilitas awal, modal, serta pendampingan kepada masyakat untuk maju bersama-sama dengan memanfaakan potensi lokal yang ada ditengah-tengah mereka, salah satunya kerang hijau,” ujar Imam.

Imam mengimbau, pembekalan yang telah diberikan oleh DD untuk dapat dimanfaakan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

“Semoga pembekalan yang telah diberikan oleh pendamping dapat bermanfaat dan dikembangkan lagi oleh masyarakat demi tercapainya tujuan utama DD yaitu terciptanya masyarakat yang mandiri dan maju secara bersama-sama,” imbuhnya. [DD-Chogah/ ft. Livson]

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terbaru