Kamis, 01 Agustus 2013

Kecil Bagi Kita, Besar Bagi Mereka

Diposting pada label:

Imam Baihaqi

Oleh : Imam Baihaqi - Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten
“Ternyata kecil sekali ya?” Begitulah ungkap salah seorang pengusaha kepada kami di kantor Dompet Dhuafa Banten ketika menghitung jumlah zakat yang harus ia keluarkan. Memang, nilai 2,5% dari harta atau penghasilan yang kita punya ternyata kecil. Akan tetapi, bila 2,5% itu digabungkan dari ribuan atau bahkan jutaan orang kemudian dikelola secara amanah dan profesional oleh lembaga zakat, maka nilai itu akan menjadi sebuah kekuatan yang dapat membantu menyelesaikan persoalan kemiskinan umat.

Dompet Dhuafa (DD), lembaga amil zakat milik masyarakat Indonesia hadir untuk menghubungkan muzakki (orang yang berzakat) kepada mustahik (orang yang menerima zakat). Di usia yang ke-20 tahun ini, DD telah memiliki cabang di 19 provinsi dan di 5 negara (Hongkong, Jepang, Australia, Korea Selatan, dan Amerika). Melalui dana zakat, sedekah, dan wakaf dari masyarakat, DD berusaha untuk mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa melalui berbagai program pemberdayaan sosial.

Di Provinsi Banten, DD hadir lebih dekat untuk melayani masyarakat Banten melalui pendekatan nilai-nilai kearifan lokal dan corak budaya khasnya. Berbagai program pemberdayaan sosial seperti Layanan Kesehatan Cuma-cuma, Beasiswa, Pendampingan Pedagang Kecil, Klaster Mandiri, Air Untuk Kehidupan, Sedekah Pohon, Pertanian Sehat, Budidaya Kerang Hijau, Kampung Ternak, Kampung Tanggap Bencana, dan program-program layanan mustahik lainnya telah tersebar di beberapa wilayah di Provinsi Banten.

Kami mengajak masyarakat Banten untuk bersama-sama membangun Provinsi Banten melalui sebagian kecil penghasilan kita yang merupakan hak para mustahik dan sangat berarti bagi mereka. [*]

1 komentar:

  1. Skcil apapun tndakan kta tak luput dri pandangan Allah.
    Khoirun nas anfauhum lin nas.

    RELAWAN... Semangat

    BalasHapus

Berita Terbaru