Senin, 24 Februari 2014

Dompet Dhuafa Banten Dirikan Lapak Inspiratif untuk Anak Pemulung

Diposting pada label:

Ana-anak pemulung usia sekolah, mereka butuh perhatian dari kita. 
Anak-anak seperti Sanja (14) mestinya tengah menikmati masa-masa bermain dan belajarnya. Namun apa daya, keadaan ekonomi keluarga memaksa Sanja dan sejumlah teman-temannya untuk membuang jauh-jauh hasrat bermain seperti anak-anak lain. Setiap pulang sekolah, Sanja harus bersiap-siap menyandang karung goni dengan sebuah pengait besi di tangan, berburu rezeki di tengah pasar, mengumpulkan gelas-gelas plastik yang nantinya akan ditukarkan dengan beberapa lembar rupiah.

Rongsokan. Kata itulah yang sering berlompatan dari bibir Sanja dan kawan-kawannya, sembari bergurau. Tapi Sanja pun tak mau memungkiri, dari rongsokan jugalah dia berani bermimpi bisa membeli sepatu baru dan bercita-cita menjadi dokter.

“Malah seneng bisa bantuin orangtua, bisa nabung buat beli sepatu,” ujarnya malu-malu. Tapi Sanja tetap tak mampu menyembunyikan bangga yang memancar dari bola matanya karena bisa membantu orangtua, juga dari senyum tipis yang menghias bibir keringnya, ketika ngobrol dengan Dompet Dhuafa (DD) Banten, Senin (4/2/2014).

Sebagai lembaga amil zakat kepercayaan masyarakat, DD Banten berusaha menyalurkan donasi zakat dan infak yang dihimpun untuk disalurkan melalui program-program pemberdayaan tepat sasaran, salah satunya mendirikan Lapak Inspiratif untuk anak-anak pemulung usia sekolah di kawasan Pasar Rau, Kota Serang. Lapak Inspiratif adalah program pemberdayaan bidang pendidikan berupa rumah baca dan pembinaan untuk sekitar 20 anak-anak pemulung usia sekolah.

Sanja adalah salah satu anak pemulung yang akan mendapat bantuan sosial dari DD Banten. Mokhlas Pidono, Manajer Program DD Banten menyebutkan, saat ini pembangunan Lapak Inspiratif tinggal menunggu waktu penyelesaian.

“Mudah-mudahan dalam minggu ini pembangunan Lapak Inspiratif sudah selesai dan dapat digunakan oleh anak-anak pemulung untuk belajar. Selama program mereka akan difasilitasi dengan bantuan beastudi serta pembelajaran dan pembinaan dari volunteer Dompet Dhuafa Banten,” ujarnya.

Keoptimisan akan keberlangsungan program ini juga terpancar dari mata Sanja dan kawan-kawan ketika DD meninjau lokasi pembangunan Lapak Inspiratif, Kamis (20/2/2014).

“Saya pengin jadi dokter, Kang,” ucap Sanja malu-malu ketika ditanya tentang cita-citanya. Sanja dan kawan-kawannya sepertinya tidak main-main dengan cita-cita mereka. Pagi hingga siang, mereka berperan sebagai siswa di sekolah dan tengah hari berganti peran menjadi pemulung di Pasar Rau Serang, begitu setiap hari. “Hari Minggu tetep mulung, bisa dari pagi, dapatnya lebih banyak,” cerita Sanja.

Pimpinan Cabang DD Banten, Imam Baihaqi, menyebutkan, DD Banten selalu berupaya menyalurkan donasi masyarakat lewat program-program pemberdayaan yang disesuaikan dengan karakter kebantenan.

“Program-program yang dibuat DD Banten selalu berorientasi pada karakter lokal. Sebisa mungkin program-program yang ada tepat guna dan tepat sasaran, sehingga masyarakat Banten merasakan langsung manfaatnya,” papar Imam.

Seperti saat ini, salah satu jejaring DD Banten, Inspitut Kemandirian tengah membuka pendaftaran angkatan kedua untuk program pelatihan kewirausahaan dan kemandirian.

“Kita lagi buka  pendaftaran pelatihan teknisi handphone dan tata boga tematik. Masyarakat Kota Serang dan Kota Cilegon yang kebetulan memenuhi kriteria persyarakatan yang ditetapkan DD, silakan mendaftar,” ujar Imam.

Tak hanya itu, DD Banten juga telah membuka beberapa Gerai Sedekah di sejumlah outlet di Kota Serang. Melalui program sedekah via kasir dengan sistem pembulatan kembalian, diharapkan masyarakat Kota Serang semakin mudah untuk menyalurkan sedekahnya. Gerai Sedekah DD Banten dapat ditemukan di Biru Laundry, Rumah Pelangi Serang, Simply Fresh Laundry, Naturalis Laundry, Solusi Fresh Laundry, Nash Barbershop, dan Sate Bandeng Ibu Aliyah. Di samping itu, DD Banten juga memberikan layanan konsultasi dan jemput zakat, masyarakat Banten yang ingin berkonsultasi seputar zakat atau yang memiliki keterbatasan waktu untuk mengantarkan zakatnya ke Gerai Zakat DD Banten bisa menghubungi nomor 0859 6655 3585. [DD-Chogah]

Rekening Zakat Dompet Dhuafa Banten:
Bank Muamalat 308.001.3157
Bank BSM 146.006.4444
Bank BNI Syariah 9999.2525.8
Bank Mandiri 155.000.2200.221
Bank BCA 245.4000.331

Rekening Infak Dompet Dhuafa Banten:
Bank BCA 245.4000.551

Semua rekening a.n. Dompet Dhuafa Republika

Layanan Konsultasi dan Jemput Zakat:
0859 6655 3585

Sumber: Radar Banten Edisi Selasa, 25 Februari 2014.

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terbaru