Jumat, 25 Juli 2014

Jaga Amanah, DD Banten Salurkan Dana Zakat Door to Door

Diposting pada label:




SERANG, DDBanten – Zakat merupakan amanah dari muzaki yang harus disalurkan oleh pengelola zakat kepada mereka yang berhak menerima. Dompet Dhuafa (DD) Banten sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat yang berpusat di Kota Serang merupakan LAZ kepercayaan masyarakat dalam menyalurkan donasinya, baik berupa zakat, infak, maupun sedekah.

Dengan visi mewujudkan masyarakat dunia yang berdaya melalui pelayanan, advokasi, dan pemberdayaan yang berbasis pada sistem yang berkeadilan yang berorientasi pada potensi lokal, DD Banten berupaya menyalurkan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf) tepat sasaran. Dana-dana yang dihimpun, dikelola dengan baik dalam bentuk program pemberdayaan dan program santunan kepada yatim dan dhuafa.

Seperti di Ramadhan 1435 H ini, DD Banten kembali dipercaya masyarakat untuk menyalurkan dana zakat. Mokhlas Pidono, Manajer Program DD Banten mengatakan, menjaga amanah merupakan kewajiban amil, sehingga dana yang diberikan masyarakat  tersalurkan dengan tepat kepada orang-orang yang benar-benar berhak, sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an. 

Menjelang Idul Fitri 1435 H, DD Banten telah menyalurkan zakat terikat dari masyakat yang disalurkan dalam bentuk santunan. “Kita baru saja menyalurkan dana zakat kepada beberapa panti yatim dhuafa dan masyarakat dhuafa di daerah Anyer yang kita datangi secara langsung. Kita ingin penerima dana ini benar-benar yang berhak, sehingga harus didatangi satu per satu untuk bisa dilihat kondisi sebenarnya,” ujar Mokhlas. Dana kali ini disalurkan pada masyarakat dhuafa (fakir miskin), yang merupakan salah satu penerima zakat di antara 8 asnaf yang disebutkan Al Qur’an. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, bahwa kategori miskin adalah mereka dengan tingkat pengeluaran per kapita per bulan sebesar Rp 211.726 atau sekitar Rp 7000 per hari, atau masyarakat dengan sumber penghasilan kepala rumah tangga adalah  petani dengan luas lahan 500 m2, buruh tani, nelayan, buruh bangunan, buruh perkebunan dan atau pekerjaan lainnya dengan pendapatan di bawah Rp. 600.000,- per bulan.

“Ini hanyalah salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga kepercayaan masyakat,” ungkap Mokhlas.

DD Banten hadir dengan visi berbagi kebahagiaan, terlebih menjelang Idul Fitri kali ini, kata Moklhas, DD Banten ingin masyarakat dhuafa juga dapat merasakan keceriaan menyambut lebaran dengan opor. “Kita ingin mereka tersenyum menyambut lebaran. Sama halnya dengan para muzaki, minimal santunan ini dapat digunakan untuk membeli keperluan sehari-hari,” katanya.

Selain santunan, manfaat keberadaan DD Banten juga dirasakan nyata oleh masyarakat Banten lewat program-program yang digulirkan, seperti keberadaan Gerai Sehat Layanan Kesehatan Cuma-Cuma di Cipocok Jaya, program Lapak Inspiratif untuk anak pemulung di Pasar Rau, Institut Kemandirian di Cilegon, dan program-program berperdayaan lainnya di beberapa kecamatan di Banten.

“Mohon doa kepada masyarakat Banten, semoga DD Banten terus berkembang sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyakat Banten secara merata,” pungkas Mokhlas. [*]

Salurkan donasi Anda melalui Dompet Dhuafa Banten
Rekening Zakat:
BCA 245.4000.331
Mandiri 155.000.2200.221
BNI Syariah 9999.2525.8

Rekening Infak/ Sedekah
BCA 245.4000.551
Rekening a/n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Layanan Jemput Zakat
Telp. (0254) 2222 47
SMS Center 0859 6655 3585

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terbaru